Rahasia Staf Admin Yang Sukses

Meski tanggung jawab staf admin berbeda-beda sesuai penempatan, admin adalah anggota perusahaan yang memastikan keperluan operasional perusahaan terpenuhi dengan baik, dari penyusunan data, pembuatan laporan, hingga melakukan panggilan telepon.

Walau sering dianggap sebagai pekerjaan entry level yang mudah, untuk menjadi seorang staf admin yang sukses, dibutuhkan dedikasi dan usaha lebih. Anda yang tidak ingin menjadi staf admin yang biasa-biasa saja, silahkan coba enam tips kami ini.

1. Membuat to-do list 

Setiap pagi hari sebelum mulai bekerja, buat daftar kewajiban Anda dalam sehari dengan mendetail dan tersusun rapi agar Anda tetap fokus sepanjang hari. Kemudian di penghujung hari sebelum pulang, cek kembali daftar tersebut untuk memastikan agar Anda telah menyelesaikan semua tugas yang perlu Anda kerjakan dalam sehari.

2. Mempelajari trik kerja aplikasi

Ketika mulai bekerja, Anda mungkin akan diberi sedikit pelatihan terkait sistem data atau aplikasi yang akan digunakan saat bekerja. Namun lebih dari itu, Anda juga bisa mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari, misalnya memepelajari trik penggunaan Excel atau pencarian praktis menggunakan Google.

3. Piawai mengatur waktu

Masing-masing orang punya kiat sendiri untuk menghindari tenggat waktu; silahkan pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tapi jangan lupa untuk membuat sebuah sistem yang memberi Anda ruang untuk bersantai setelah bekerja selama beberapa waktu, misalnya bekerja 30 menit, diikuti dengan istirahat 5 menit agar tidak terasa penat.

4. Menyusun prioritas kerja

Dihadapkan dengan berlembar-lembar data yang perlu disusun, janji telepon yang menunggu, dan tugas-tugas lainnya bisa membuat Anda kewalahan. Mungkin Anda tidak bisa selalu menolak atau mengelak ketika diberi tugas, namun Anda bisa menyusun pola kerja dengan terlebih dulu menyelesaikan tugas tersulit agar beban sehari-hari terasa lebih ringan.

5. Pertajam fokus dengan menjaga kesehatan

Kebiasaan dan gaya hidup Anda mempengaruhi langsung performa kerja sehari-hari. Pekerjaan sebagai staf admin menuntut Anda memiliki konsentrasi dan tingkat ketelitian tinggi. Anda harus menjaga diri dengan istirahat secukupnya, berolahraga dengan rutin, dan memilih makanan bergizi.

6. Menjalin hubungan baik dengan kolega

Sebagai anggota staf yang bertugas memastikan staf lain bisa mengerjakan tugas mereka dengan baik, komunikasi yang jelas dan lancar dibutuhkan. Menjaga kedekatan bisa dilakukan dengan hal sesederhana makan siang bersama.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini :

www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *